Menu Close

Melihat Bendungan Jatiluhur Yang Semakin Mempesona

Waduk Jatiluhur bukan sekedar bendungan saja tapi jadi spot menarik untuk berwisata karena berfasilitas lengkap.

Wisata waduk hingga sekarang masih sering dipandang sebelah mata. Banyak orang beranggapan berlibur di waduk sedikit membosankan. Hal ini akan terpatahkan bila kalian mengunjungi lokasi ternama dan terpopuler di Purwakarta tersebut. sebenarnya waduk tersebut memiliki nama waduk Ir. H. Juanda namun lebih dikenal dengan bendungan wisata Jatiluhur. Selain memiliki pesona tersendiri, bendungan terbesar di kabupaten Purwakarta itu mempunyai arti penting bagi masyarakat sekitar. Bagi kalian yang ingin singgah di Purwakarta, sangat wajib mengunjungi lokasi wisata populer disana. tapi sebelum kesana, intip dulu yuk pesona keindahan dari bendungan terbesar ini.

Daya Tarik Yang Dimiliki

Pemerintah kabupaten Purwakarta nampaknya sangat serius menggarap spot wisata ini. terbukti banyak sekali perubahan yang terlihat dibandingkan wajah Jatiluhur dulu. meskipun harga tiket masuk Jatiluhur sangat terjangkau, tapi banyak keseruan yang bisa kalian dapatkan loh. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menikmati keindahan bendungan sekaligus mengabadikannya melalui kamera. Baik kamera hp, DSLR, action cam atau kamera apapun yang kalian bawa.

Panorama air biru berlatar gunung Tiga Menara tentu membuat hasil foto semakin keren. dijamin akan banyak foto yang kalian upload ke sosial media. Selain itu menikmati pesona waduk dapat dilakukan dengan cara lain yakni mengelilingi area waduk. kalian dapat menyewa kapal motor untuk mengelilingi keindahan waduk dari berbagai sudut. Kita memang harus menyewa kapal karena luas bendungan yang mencapai 8.300 ha dengan kedalaman waduk Jatiluhur yang amat dalam. Daya tampung air hingga 12,9 miliar m3 air dalam setahun.

Tepat dibelakang waduk ada gunung berketinggian 729 meter. Penyuka hiking atau trekking dapat melihat keindahan waduk Jatiluhur dari ketinggian. Semakin terlihat mempesona. Daya tarik selanjutnya adalah pemandangan yang sangat jarang ditemukan yakni rumah makan apung. Menyantap kuliner olahan ikan air tawar dengan cara unik ditemani pemandangan indah, kalian pasti merasakan sebuah hal unik, menarik dan jarang ditemui. Mayoritas kuliner disana menyajikan olahan ikan.

Pasalnya bendungan ini juga dimanfaatkan warga setempat untuk membudidayakan ikan. Kalian dapat melihat keramba ikan sekaligus banyaknya ikan berloncatan. Disamping untuk keramba, warga sekitar juga memanfaatkan bendungan ini sebagai sumber daya listrik tenaga air, irigasi atau bahan air PDAM. Masih belum puas? Merasakan keseruan bermain air diwaduk tidak mengharuskan kalian menyelam kedalam bendungan. Terdapat Jatiluhur water world didekat lokasi waduk yang dapat kalian manfaatkan. Jadi bila ingin menyelam dengan aman sebaiknya menyelam dilokasi water boom saja.

Fasilitas Yang Dimiliki

Tempat ini memang pas dijadikan wisata terpopuler di Purwakarta. Sebab fasilitas yang ada sangat lengkap. kelengkapan ini juga jadi bukti bahwa Pemerintah kabupaten Purwakarta memang benar-benar serius membenahi bendungan Jatiluhur. terletak kurang lebih 9 km dari pusat kota Purwakarta. Rute menuju lokasi dapat dicapai hanya beberapa kilometer setelah keluar dari tol Purwakarta. Sangat mudah diakses para pengguna jalan, tak heran dia jadi tujuan wisata favorit.

Disana juga telah tersedia beragam fasilitas lengkap seperti toilet, tempat ibadah, area parkir luas, bar, restoran, lapangan tenis, waterboom, meeting room, sarana rekreasi dan olahraga air, playground, wahana mendayung, ski air hingga penginapan di waduk Jatiluhur. Tak jarang ada wisatawan yang ingin menyaksikan spot tubin raksasa yang jadi pembangkit tenaga listrik disana. Keindahan pemandangan serta fasilitas lengkap, jelas membuat lokasi ini tempat liburan pas bersama keluarga, sahabat atau orang terkasih. Tersedianya camping ground dan hotel membuat wisatawan dapat bermalam. Jadi jangan sampai melewatkan waduk Jatiluhur ketika berada di Purwakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *